Wednesday, October 15, 2008

Batik? Trend atau Tradisi?





Sebenarnya
batik
itu apa sih? Sejarahnya gimana ceritanya.. Nah kemarin minggu siang.. Iseng2 pergi ke salah satu toko batik di malioboro dan salah satu pasar yg sangat kondang di Jogja.. Lihat-lihat,yg lagi nge-trend motif apa yah,model yang kek gimana.. Hmm.. Coba kita kembali dulu ke sejarahnya batik..
Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Dulu sih cuma di pake kaum perempuan tapi setelah adanya cap batik yang memungkinkan kaum lelaki memasuki dunia batik. Nah di situlah awal mulanya kaum lelaki membatik. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.
Booming batik juga didorong oleh kebijakan pemerintah daerah dan instansi swasta yang mewajibkan pegawainya mengenakan batik sehari dalam sepekan, belum lagi klaim Malaysia atas batik, yang tampaknya meningkatkan minat orang berbatik.
Tren busana batik membuat transaksi batik bergairah. Secara nasional nilai produksi batik terus meningkat, terutama sejak tahun 2004. Berdasarkan data Direktorat Industri Sandang, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah, Departemen Perindustrian, tahun 2006 nilai produksi batik Rp 2,9 triliun. Pada tahun 2007 produksi meningkat menjadi Rp 3,045 triliun.
Kuncinya terletak pada konsistensi dan komitmen seluruh pihak mengembangkan batik yang seiring dinamika zaman.
Jadi sampai kapan batik akan menjadi trend?

No comments: